ANALISIS STRATEGI BISNIS RENTAL MOBIL PT. INTIPRIMA KARYA USAHA (STUDI KASUS PERSFEKTIF STRATEGI DAN LOYALITAS)

  • Adi Hermawansyah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran strategi bisnis pada
usaha rental mobil tambang khususnya di PT. Intiprima Karya Usaha Balikpapan, dan
merekomendasikan strategi bisnis yang dapat digunakan oleh PT. Intiprima Karya Usaha
Balikpapan sehingga perusahaan dapat bertahan dalam menghadapi tekanan persaingan
dan menjadi unggul dalam menghadapi para pesaing bisnis di bidang yang sama. Strategi
bisnis atau strategi bersaing bertujuan untuk menekankan perbaikan posisi persaingan
produk barang atau jasa dalam industri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif
deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan dalam
memilih informan menggunakan purposive sampling. Penelitian ini dilakukan dengan
menganalisa lingkungan eksternal dan internal kemudian dilakukan analisis SWOT dan di
matrikskan sehingga dapat menghasilkan strategi bisnis bagi PT. Intiprima Karya Usaha
Balikpapan. Dengan strategi tersebut perusahaan dapat mencapai tujuan yang diinginkan
serta dapat bertahan dalam menghadapi tekanan persaingan yang ada.

 

Published
2020-10-06