PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO BUKU KARISMA BALIKPAPAN

  • Finadella Yeriska Purnomo
  • Sasmoyo Dimas Radityo., SE., MM

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh baik secara
simultan maupun parsial faktor-faktor bauran pemasaran yang terdiri dari produk (X1),
harga (X2), lokasi (X3), dan promosi (X4) terhadap keputusan pembelian (Y) pada Toko
Buku Karisma Balikpapan serta untuk mengetahui variabel bauran pemasaran yang
berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian yang
digunakan yaitu kuantitatif deskriptif dengan sumber data primer. Teknik pengumpulan data
dengan menggunakan kuesioner, jumlah responden yang digunakan sebanyak 115 responden
dan dianalisis menggunakan SPSS versi 20.0. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis
regresi linier berganda. Berdasarkan hasil uji F menunjukkan adanya pengaruh secara
signifikan antara variabel produk, harga, lokasi, dan promosi terhadap keputusan pembelian
pada Toko Buku Karisma Balikpapan. Sedangkan, hasil uji t menunjukkan bahwa hanya
variabel produk, harga, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian,
sedangkan variabel lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada
Toko Buku Karisma Balikpapan.

Published
2021-03-16