ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI SUSU SAPI DI PETERNAKAN SAPI TERPADU SANGATTA

  • Budiman
  • Meita Sondang Riski

Abstract

Penelitian yang dibuat tahun 2019 ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
faktor produk, harga dan promosi terhadap keputusan konsumen membeli susu sapi di
Peternakan Sapi Terpadu Sangatta. Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi semua pihak,
khususnya bagi PT Kaltim Prima Coal sebagai panduan arah kebijakan dalam rangka
pengambilan keputusan terhadap pengelolaan peternakan sapi terpadu di Sangatta. Model
analisis yang digunakan untuk membuktkan hipotesis adalah model analisis regresi linier
berganda yang akan dianalisis dengan menggunakan program statistik. Jumlah responden
yang menjadi objek dalam penelitian ini sebanyak 60 konsumen. Namun dari 60 kuesioner
yang disebarkan hanya kembali 58. Hasil analisis data menggunakan alat bantu SPSS.21 for
Windows diperoleh nilai koefisien determinasi (R) sebesar 0.657. Koefisien ini diartikan
bahwa variabel produk, harga dan promosi mampu menjelaskan variabel keputusan membeli
sebesar 65,7 % sedangkan sisanya yaitu sebesar 34,4 % dijelaskan oleh variabel lain yang
tidak terdapat di dalam model penelitian ini. Hasil uji hipotesis pertama diketahui bahwa
variabel produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli dengan dibukltikan t
hitung sebesar 4,631 dengan signifikansi 0,00. Sedangkan uji hipotesis kedua dibuktikan
signifikan dengan t hitung sebesar 1,802, sedangkan uji hipotesis ketiga dibuktikan tidak
signifika dengan t hitung sebesar 0,431. Hubungan fungsional antara variabel produk (X1),
harga (X2) dan promosi (X3) terhadap keputusan membeli susu (Y) dapat digambarkan
dengan model berikut: Y=7,019+0,204(X1)+0,123(X2)+0,070(X3).

Published
2020-04-03