PENGARUH TINGKAT KEPUASAN DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BAGIAN HUBUNGAN ANTAR LEMBAGA DAN MASYARAKAT SEKRETARIAT DPRD KABUPATEN KUTAI TIMUR

Efendi Rahmanto, Rizky Aulia Hidayah Syafranuddin

  • efendi rahmanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat kepuasan dan komunikasi terhadap kinerja pegawai pada Bagian Hubungan Antar Lembaga dan Masyarakat Sekretariat DPRD Kabupaten Kutai Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan maksud untuk mendapatkan seberapa besar pengaruh tingkat kepuasan dan komunikasi terhadap kinerja pegawai pada Bagian Hubungan Antar Lembaga dan Masyarakat Sekretariat DPRD Kabupaten Kutai Timur. Data diperoleh dengan melakukan teknik observasi dan penyebaran kuesioner dan dianalisis menggunakan SPSS 24, yang selanjutnya diadakan pengujian terhadap keabsahan data menggunakan uji validitas dan reabilitas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) tingkat kepuasan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja organisasi, 2) komunikasi pegawai secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja organisasi, 3) tingkat kepuasan dan komunikasi pegawai secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja organisasi di Bagian Hubungan Antar Lembaga dan Masyarakat  Sekretariat DPRD Kabupaten Kutai Timur. Disarankan agar dalam meningkatkan kinerja organisasi diperlukan pemberian reward bagi pegawai berprestasi dan punishment bagi pegawai yang melanggar aturan kerja.

 

Published
2022-03-10