PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN GAYA HIDUP TERHADAP PRILAKU KONSUMTIF GENERASI Z PADA KEWIRAUSAHAAN UMKM RETAIL (STUDI KASUS MAHASISWA DALAM PEMBELIAN “TOKO EEN UNDERWARE” DI BANDAR LAMPUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media sosial dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif Generasi Z, dengan fokus pada pembelian produk di "Toko Een Underware" di Bandar Lampung. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi berganda, melibatkan 100 responden yang merupakan konsumen pelajar di Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial berperan sebagai mediator dalam hubungan antara gaya hidup dan perilaku konsumtif, di mana gaya hidup yang dipengaruhi oleh media sosial dapat meningkatkan perilaku konsumtif. Namun analisis menunjukkan bahwa media sosial tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif di Toko Een Underware, dengan hanya 10,5% variabilitas perilaku konsumtif yang dapat dijelaskan oleh variabel media sosial dan gaya hidup. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi pemilik UMKM dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif untuk menarik perhatian Generasi Z.