Penerapan ERP Pada Pengukuran Tingkat Kepuasan Sistem E-Filling DalamPelayanan SPT Tahunan di KPP Pratama Penajam Paser Utara

Erlin Setyaningsih, Adi Hermawansyah, Dila Seltika Canta, Nuorma Wahyuni

  • Adi Hermawansyah

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya penerimaan pajak yang dibayarkan, sehingga dalam menangani masalah tersebut perlu adanya reformasi sistem dalam menstimulasi penerimaan pajak tiap tahunnya. reformasi sistem informasi manajemen yang baik dan menggunakan sistem Enterprise Resource Planning dalam dalam sebuah sistem pelayanan sangatlah dibutuhkan dianama sistem online sangat dibutuhkan dalam menangani masalah tersebut. Pelayanan berbasis online belum sepenuhnya diterapkan oleh wajib pajak dikarenakan masih adanya proses manual yang terdeteksi oleh pemberi layanan pajak. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui bagimana kepuasan wajib pajak terhadap sistem E-Filling yang dijalankan dan konsistensi pelayanan sistem online tersebut di KPP Pratama Penajam Paser Utara. Optimalnya sebuah informasi atau layanan informasi yang optimal seperti ketersediaan, mudah dipahami, relevan, bermanfaat, tepat waktu, keandalan, akurat dan kosistensi. Dasar penelitian ini adalah bersifat kuantitatif dengan tipe perhitungan data menggunakan SPSS. Teknik yang digunakandan dalam pengumpulan data adalah observasi lapangan dan memberikan kuesioner kepada  wajib pajak sebagai bentuk kepuasan terhadap penerapan sistem E-Filling tersebut. Dari hasi penelitian yang dilakukan menunjukkan adanya data yang masih menggunakan sistem manual yang berada pada KPP Pratama Penajam Paser Utara. Tetapi pada proses penerapan siste berbasis online telah diterapkan dengan baik menunjukkan konsistensi dengan mengharuskan memakai sistem online yang berkelanjutan. Maka dari itu diperlukan sosialisasi yang mendalam agar sampai kepada pihak yang dilayani dan pihak dilayani dapat mengoptimalkan sistem online tersebut.

Published
2023-10-13