PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP NIAT PERILAKU MELALUI KEPUASAN DAN NILAI YANG DIRASAKAN MAHASISWA STIE MADANI BALIKPAPAN

Dewi Sartika, Theresia Militina, Saida Zainurossalamia ZA Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Magister Manajemen, Universitas Mulawarman Email : dedew.sartika44@gmail.com

  • Dewi Sartika STIE Madani Balikpapan

Abstract

STIE Madani Balikpapan merupakan salah satu perguruan tinggi di Balikpapan yang ikut bersaing dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, nilai yang dirasakan dan kepuasan terhadap niat perilaku mahasiswa STIE Madani Balikpapan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan path analysis yang diolah dengan software SPSS dan SEM AMOS. Data penelitian diperoleh menggunakan kuesioner dengan 5 skala likert. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa STIE Madani Balikpapan dengan total sebanyak 119 responden. Dalam penelitian ini dilakukan uji asumsi klasik dan uji structural model fit.

Berdasarkan model structural, penelitian ini membuktikan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai yang dirasakan. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan. Hasil lainnya menunjukkan kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap niat perilaku. Akan tetapi Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat perilaku melalui kepuasan dan nilai yang dirasakan.

Published
2023-03-17