Analisis Penjualan Minuman Thai Tea Pada Toko IL.SHOP18 Di Sangatta

Halma, Meita Sondang Riski

  • halma halma
Keywords: Kata kunci : penjualan, pertumbuhan penjualan, total penjualan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penjualan minuman Thai Tea pada Toko IL.Shop 18 di Sangatta.  Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang menggambarkan data kuantitatif yang diperoleh menyangkut keadaan subyek atau fenomena dari populasinya. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu nonprobability sampling dengan sampel penelitian seluruh populasinya, yaitu  data penjualan IL.Shop18 periode Januari 2019 – Desember 2020. Data penjualan Thai Tea yang diteliti meliputi tiga varian, yakni thai tea original, thai tea milo, dan thai green tea. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa, volume penjualan yang terbanyak disetiap periode yaitu varian thai tea original sedangkan omset penjualan tertinggi disetiap periode yaitu thai tea milo. Harga yang terjangkau dibandingkan dengan varian rasa yang lain, menjadikan varian thai tea original memiliki total penjualan terbanyak. Penetapan harga yang cukup tinggi diiringi dengan cita rasa yang sesuai cukup diminati, menjadikan varian thai tea milo memperoleh omset penjualan tertinggi. Minuman thai tea bukan sebagai kebutuhan pokok, maka penjualan cenderung fluktuatif karena masyarakat lebih memilih untuk memenuhi kebutuhan primernya terlebih dahulu.

 

 

Published
2021-09-30