The EFFECT OF COMPANY SIZE, PROFITABILITY, LEVERAGE, SALES GROWTH ON FIRM VALUE IN FOOD AND BEVERAGE COMPANIES LISTED ON THE INDONESIAN STOCK EXCHANGE

  • Siti Patimah sitipatimah@stiebalikpapan.ac.id
  • Dina Mustika Sari
  • Susan Fatmawati
  • Haripin Haripin
  • Haripin Haripin
  • Gabriella Agnes Kurnia Tjahjono
Kata Kunci: Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Pertumbuhan Penjualan, Nilai Perusahaan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, dan pertumbuhan penjualan pada nilai perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di  Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda menggunakan SPSS versi 27. Penelitian ini melibatkan 84 perusahaan sebagai populasi, dengan 15 perusahaan yang dipilih sebagai sampel melalui metode purposive sampling. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ukuran Perusahaan secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap PBV (2) ROA secara parsial tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap PBV, (3) DAR secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap PBV, (4) Pertumbuhan Penjualan secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap PBV, (5) Secara simultan, ukuran perusahaan, ROA, DAR, dan pertumbuhan penjualan memiliki pengaruh terhadap PBV.

Diterbitkan
2025-03-18