PENGARUH MODAL USAHA, LAMA USAHA, JAM KERJA DAN PEMASARAN ONLINE TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG PAKAIAN PASAR BLAURAN KLANDASAN
Rahma, Dewi Sartika Program Studi S1 Manajemen, STIE Madani Balikpapan Email : sartikadewi@stiemadani.ac.id
Abstrak
Pasar Klandasan II atau biasa disebut Pasar Blauran Klandasan merupakan salah satu pasar yang terletak di Kota Balikpapan. Di pasar ini dijual berbagai macam barang, termasuk di bidang fashion atau pakaian jadi yang khusus terletak di seluruh lantai dua. Pedagang pakaian di pasar ini mengeluhkan penurunan pendapatan sehingga menyebabkan ketidakstabilan perekonomian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi pendapatan pedagang pakaian di Pasar Blauran Klandasan. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pendapatan seorang pedagang, antara lain modal usaha, lama usaha, jam kerja, dan pemasaran online. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Metode yang digunakan adalah kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif signifikan antara modal kerja terhadap pendapatan pedagang, terdapat pengaruh positif signifikan antara lama usaha terhadap pendapatan pedagang, terdapat pengaruh positif signifikan antara jam kerja terhadap pendapatan pedagang, dan tidak terdapat pengaruh signifikan antara pemasaran online terhadap pendapatan pedagang. Hasil uji F dan regresi diperoleh bahwa terdapat pengaruh sebesar 41,7% antara modal usaha, lama usaha, jam kerja, dan pemasaran online secara bersama-sama terhadap pendapatan pedagang dan sisanya sebesar 58,3% dipengaruhi oleh variabel lain.